Tentang AIDI

Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia (AIDI) didirikan untuk mendukung riset dan kolaborasi perkembangan keilmuan data (Data Science) di Indonesia. Tujuan utama dari asosiasi ini adalah membangun ekosistem Ilmu Data Indonesia yang Bermanfaat, Aman, Sejahtera, Berdaya-saing dan Berkelanjutan dalam mendukung kedaulatan data Indonesia.

Sejarah AIDI

Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia atau disingkat AIDI atau dalam bahasa inggris adalah Indonesia Data Scientist Society adalah suatu perkumpulan stakeholder yang terdiri dari individu, komunitas, dan perusahaan yang berkepentingan dan peduli pada perkembangan keilmuan data, serta implementasi dari manfaat data tersebut.  AIDI secara resmi dideklarasikan pada bulan november 2016, mendapatkan ijin dari Kementrian Hukum dan HAM pada tahun 2017. Di awal tahun 2019 ini, baru terbentuk kepengurusan harian AIDI dalam acara re-launch yang diselenggarakan di Jogja, 5 Februari 2019.

AIDI dibangun dengan semangat kebersamaan antara para pemimpin dan pakar dari stakeholder yang bergerak di ekosistem yang berhubungan dengan Data Science dan Data Analytic untuk mencari sebuah wadah yang dapat menyatukan suara.  Misi dari AIDI adalah Membangun Ekosistem Data Science Indonesia yang Bermanfaat, Aman, Sejahtera, Berdaya-saing dan Berkesinambungan untuk mendukung kedaulatan data Indonesia. Seperti kita ketahui Data adalah komoditas strategis bangsa, yang mempunyai nilai  mencakup banyak kepentingan dan melewati batas berbagai ilmu pengetahuan.  

Salah satu aktivitas yang dicanangkan oleh AIDI adalah berpartisipasi dalam pembuatan regulasi atau peraturan perundangan terkait dengan Data sebagai komoditas strategis, karena regulasi atau peraturan perundangan akan membentuk dan mengatur arah IIndustri yang melibatkan Data Science dan Data Analytics di masa mendatang. Masih banyak regulasi yang akan dibutuhkan untuk mengatur Industri jasa Data Mining ataupun Analytics, di mana Industri harus berperan dan terlibat memberikan masukan, pandangan dan saran agar Data Science bisa bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Tercipta iklim industri dan ekosistem yang mendukung kemandirian dan berkelanjutan. 

Daftar Pengurus

Dewan Pengawas 

Ketua: Ir. Beno Kunto Pradekso, M.Sc

Anggota: Prof. Adiwijaya

Anggota: Widyawan, ST, M.Sc, PhD

Anggota: Ir. Budi Rahardjo, M.Sc, PhD

Anggota: Herry Irawan, MM., MT.

Pengurus

Ketua: Dr. Andry Alamsyah, S.Si, M.Sc

Wakil: Deden Wityarsah, PhD

Sekretaris Umum 1: Bagus Rully Muttaqin

Sekretaris Umum 2: Bey Arief Budiman

Bendahara: Mugi Prayitno

Bidang Organisasi dan Insfrastruktur : 

– Dr. Oktariani Nurul Pratiwi, S.Kom, MT. 

– Dian Puteri Ramadhani, S.M., M.M.

Bidang Riset dan Pengembangan: 

– Dr. Irma Palupi.

– Dr. Sarini. MStat.

– Dr. rer. nat. Sparisoma Viridi, S.Si, M.Si

– Setia Pramana, PhD

Bidang Kerjasama: 

– Dr.rer.pol. Hamzah Ritchi, CA.

– Hanif Fakhrurroja, S.Si, MT.

– Muhammad Apriandito

Bidang Pelatihan dan Sertifikasi: 

– Taufik Sutanto, PhD.

Bidang Publikasi: 

– Dr. MD. Enjat Munajat, PhD.